Mas Day Shoes Handmade by Dwi Yuda Syaputra

Mas Day Shoes Handmade by Dwi Yuda Syaputra - Mula-mula kali berjualan terhadap ketika duduk di bangku kelas 2 Sekolah Basic. Sejak Mulai dari berjualan asam jawa manis sampai saat ini menyambung usaha sepatu handmade. Kisah lengkapnya dapat Kamu baca hasil narasi yg dituangkan Dwi Yuda Syaputra pada Narasi Medan terhadap alinea di bawah ini. #SupportLocalBusiness

Mas Day Shoes Handmade by Dwi Yuda Syaputra
Seterusnya dgn bermodalkan kepintaran Aku terhadap dikala duduk di kelas 3 SD, Aku mendapat rengking tiap caturwulan & mendapat kepercayaan dari rekan-rekan buat menunjang mereka menciptakan pekerjaan maupun PR nya. & itu tak Gratis, Aku berikan tarifnya terkecil Gopek/Rp.500,- hingga Rupiah.2000,- tergantung dari tingkat social si sahabat. Aku bingung mengapa teman-teman Aku kok kepada nggak dapat ngerjain pekerjaan kek gitu, padahal itu gampang-gampang aja. Bisa Jadi sebab males kali ya. Itu benar-benar penyakit yg tak ada obatnya tidak cuma motivasi dari Pak Mario.

Terhadap dikala Aku duduk di kelas 5 SD, Ayah Aku wafat dunia & Aku kembali di pindah sekolakan di SD. Taman Peserta Didik Tj. Sari Medan yg diawal mulanya di SDN 060789 Medan Ruang Selatan di mana Aku jual jasa pelaksanaan pekerjaan tadi. Dari situ Aku sejak mulai berfikir buat sanggup bermanfaat di keluarga. & tamatlah SD.

Sesudah tamat SD Aku masuk ke SMP Swasta Darussalam. Di situ ada pilihan 2 ekstra kulikuler yg wajib diikuti, & aku pilih karate biarpun telah ikut pramuka pada awal mulanya. Sebab kurang 'srek' menjadi pindah ke karate. Sekian Banyak bln latihan Aku merasa nyaman & pelatih Aku memasukkan kami orang-orang ke training centre yg kepada diwaktu itu latihannya di gedung Birorektor USU. Nama pelatih Aku itu ialah Prof. Dr. Ir. H. Bustami Syam, MSME yg mana dirinya yakni waktu ini menjabat sbg Dekan Fakultas Teknik Kampus Sumatera Utara. Berkat latihannya sekian banyak kali Aku mengikuti turnamen meraih prestasi yg lumayan membanggakan keluarga & diri Aku pribadi. kemudian Aku di yakin pun buat mampu melatih (usaha lagi) di sekolah SMP Darusssalam itu. Aku boleh melatih sebab Aku telah sabuk hitam kepada kala kelas 3 SMP & menguasai teknik karate. Aku diakui jadi asisten pelatih & di beri duit Rupiah. 50.000,- tiap bulannya. Aku merasakan nikmatnya menjalankan hobi yg mampu membuahkan duit.

Karate untuk Aku bukan cuma sekedar hobi mukul, nendang, banting2, dll. Namun dari karate Aku meraih pendidikan mental yg baik. Dengan Cara Apa menghargai sesama, menghormati yg lebih lanjut usia & menyayangi yg belia. Sekian Banyak filosofi yg tidak jarang Aku dengar dari pelatih merupakan karate itu dimulai dgn hormat & diakhiri bersama hormat. Menjadi terhadap siapapun kita mesti hormat & saling menghargai. & itulah yg dapat menciptakan kehidupan manusia ini bakal makin damai.

Terhadap waktu Aku tamat SMP, Aku masuk ke SMA Negara 4 Medan & masuknya lewat jalur prestasi, pasti dgn prestasi karate Aku, dulu lolos tidak dengan syarat. Kepada periode SMA aku sejak mulai cobalah gerakan yg lain merupakan berorganisasi. Tapi terus saja aku mengupayakan mencari penambahan duit jajan. Berbekal dari aku tidak jarang main-main ke warnet & menonton guru PKS III Pak Sofyan di SMP Darussalam memperbaiki pc sekolah, Aku jadi tahu trick install ulang Komputer/Laptop & menservice ringan Komputer. & bersama wawasan itu Aku mengakses jasa install ulang bersama alat pemasarannya dari mulut ke mulut & dari sarana BBM. Lumayanlah untuk tambah-tambah. Lalu Aku pasang harga buat sekali menginstall itu Rupiah. 80.000,- & turun sampai Rupiah. 50.000,- lantaran keadaan persaingan. Namanya jugak nggak ingin kalah murah.

Terhadap dikala kuliah, otak Aku mulai sejak berfikir lagi bisnis apa la yg sanggup di buka. Masak Aku kuliah di ilmu Adm. Niaga/Bisnis Aku nggak punyai business sendiri?? & kepada kala itu Aku mengakses bisnis rujak kemasan bersama teman Aku yg kami beri nama “rujakkita”. Nama rekan Aku itu Reza Pahlevi. Ia berasal dari Aceh & senang minum kopi. Bisnis kami terjadi baik sampai kami bisa menitip rujak kami ke sekolah-sekolah, diantaranya SMA N 4 Medan, SMA Darma Pancasila & di universitas Fisip USU. Sekian Banyak bln terjadi hasilnya bisnis kami mogok di karenakan kesibukan kami. & bisnis rujak serta kandas.

Mas Day Shoes
Sekian Banyak bln seterusnya, Aku coba terhubung bisnis baru lagi. Tetapi Aku pengennya business itu Aku tunggal sendiri yg menjalankan. Aku coba menciptakan business sepatu handmade. Jujur saja wawasan Aku berkaitan trik menciptakan sepatu tak ada. Namun Aku berfikir era waktu ini era modis yg mutahir. Berita apa saja ada di internet. Nah Aku mulai sejak menonton cara-cara pengerjaan sepatu dari youtube, Aku kumpulin video tutorialnya dari awal pengerjaan hingga sepatu itu di finishing. Bukan cuma itu, Aku pun laksanakan uji cobalah yg telah tak terkera berapa kali gagalnya. Aku membeli bahan sepatu sekaligus sekalian nanyak-nanyak informasi mengenai bahan-bahan yg sesuai & info-info pengerjaan sepatu. Aku pula berangkat menonton serta-merta trick menciptakan sepatu di daerah bisnis rumahan produksi sepatu pasar merah. Dgn modal itu seluruh kini Aku telah mampu menciptakan sepatu yg pantas gunakan & bakal di terima oleh customer. & pun saat ini Aku telah mempunyai 2 karyawan yg aku ajari dulu kiat menciptakan sepatu version Aku sendiri.
Bisnis sepatu handmade Aku ini awalnya aku namakan “Teuton Footwear”. Mengapa dipilih nama itu? Teuton yaitu suatu nama Negeri perang yg ada di game age of empire yg pasukan & prajuritnya kuat & hebat-hebat. Dari situ Aku mau menggambarkan bahwa product sepatu yg aku untuk kuat & tak enteng rusak. Namun nama teuton itu tidak sedikit orang yg kritik dikarenakan sulit dalam penyebutannya terutama yg perotes merupakan abang Aku. Gak lama Aku serta-merta mengganti nama teuton itu jadi “masdayshoes”.

Mengapa masdayshoes??
Mas = panggilan abang untuk orang jawa (berhubung aku suku jawa)
Day = lalu aku terhadap ketika SMP & SMA dipanggil bersama sebutan “day”
Shoes = bahasa inggris yg artinya sepatu

Menjadi seandainya disatukan maknanya merupakan sepatunya si mas Day, namun ada pun yg bilang maknanya yaitu mas-mas yg tiap hri pakek sepatu, karna “day” itu bahasa inggris yg artinya hri. & Aku menjawab yaah sak karepmu lek hahahaha.

Gagasan!!
Awal sekali rencana mengapa mesti business sepatu handmade yg mau Aku laksanakan, dikarenakan menurut Aku anak Medan terhadap periode saat ini ini senang sekali membeli product sepatu impor yg harganya mahal sekali utk memenuhi kepentingan gengsinya, bukan kepentingan fungsionalnya. Mendingan sepatunya mahal brand luar negara asli/original yg dibeli, ini tak!! Malah rata rata anak Medan yg Aku lihat membeli product sepatu brand luar negara yg bajakan. Alias PALSU. diluar itu pula Aku tonton tidak sedikit entrepreneur sepatu yg tak pede utk berikan nama produknya sendiri lantaran takut kalah beradu di pasar, padahal itu terang melanggar aturan.

Bersama elemen tersebut di atas, sehingga aku mau membangun business ini meski dimulai dari ketidak tahuan & motivasi tadi. Lebih-lebih lagi Aku mau membangun maindset anak-anak Medan buat bisa ingin menghargai product sepatu lokal yg ori buatan tangan anak Indonesia khususnya Medan.


Bila berkata rancangan masdayshoes sediakan rancangan yg tak kalah bersama rancangan product sepatu impor. Lebih-lebih saat ini kita telah dihadapkan dgn perdagangan bebas thn 2015. Seandainya masyarakat Negeri Indonesia khususnya anak Medan nggak dapat menghargai produk-produk dalam negara sehingga Indonesia dapat kalah saing bersama negara-negara lainnya karena keperluan gengsi bakal brand itu tadi.

Menurut Aku bila sanggup memakai product lokal yg bagus mengapa harus memanfaatkan product luar yg pula bagus tetapi resiko feedbacknya bukan ke kita lagi. Siapa lagi yg sanggup menghargai product dalam negara apabila bukan kita sendiri? Toh manfaatnya pula utk membangun perekonomian Negeri kita ini.

Mas Day Shoes Handmade by Dwi Yuda Syaputra


Dwi Yuda Syaputra
Medan, 26 Maret 1993
Agama : Islam
Email : dwiyuda_syaputra@yahoo.co.id
Line : dwiyudasyaputra
IG : masdayshoes
IG : dwiyudasyaputra
Twitter : @MasDayShoes
Twitter : @YudaSyaputra
Pin BBM : 51B64706
telepon selular : 081362813816

Dwi Yuda Syaputra


Riwayat Pendidikan
A. FORMAL
1.(2005) lulus SD Swasta Taman SiswaTj. Sari Medan
2.(2008) lulus SMP Swasta Darussalam Medan
3.(2011) lulus SMA Negara 4 Medan
4.(2011-sekarang) Kuliah di Acara StudiIlmuAdministrasiNiaga/Bisnis FISIP Universitras Sumatera Utara

Pengalaman Organisasi
1. Ketua OSIS SMP Darussalam th 2007-2008
2. KetuaUmum BINTALIS (Bina Mental Islam) SMA Negara 4 Medan th 2010-2011
3. KetuaUmum IMPRODIAS (IkatanMahasiswa Acara StudiIlmuAdministrasiNiaga/Bisnis) FakultasIlmuSoIsialdanIlmuPolitikUniversitas Sumatera Utara Thn 2013-2014.

Prestasi yg Sempat Di Raih

Terpandai I KATA PERORANGAN PUTRA Kepada Minggu OLAHRAGA WILAYAH III SUMATERA UTARA Th 2014 CABANG KARATE.
Pemenang III KATA PERORANGAN PUTRA Terhadap Minggu OLAHRAGA Propinsi SUMATERA UTARA Th 2014 CABANG KARATE.
Jawara I KATA PERORANGAN PUTRA U-21 Kepada Turnamen KARATE BINJAI OPEN CUP II PLUS MPC PEMUDA PANCASILA KOTA BINJAI Thn 2013.
Terpandai II KUMITE PERORANGAN -68 KG U-21 PUTRA Terhadap Pertandingan KARATE BINJAI OPEN CUP II PLUS MPC PEMUDA PANCASILA KOTA BINJAI Thn 2013.
Terpandai III KUMITE -67 KG SENIOR PUTRA Kepada Turnamen NASIONAL INKADO KE VIII Thn 2013 JAKARTA.
Terpandai II LOMBA MEMBACA AL-QUR’AN PERAYAAN Hri Gede ISLAM IKATAM MAHASISWA SOSIOLOGI FISIP USU.
Jawara II KATA PERORANGAN PUTRA U-21 Terhadap Kompetisi KARATE PIALA WALIKOTA MEDAN 22 S.D 24 MARET 2012.
PIAGAM PENGHARGAAN DARI BUPATI SERDANG BEDAGAI ATAS Pemenang III Terhadap Kompetisi NASIONAL KARATE Thn 2011
PIAGAM PENGHARGAAN PEMERINTAH Kab SERDANG BEDAGAI ATAS PERAIHAN MEDALI EMAS Kepada Minggu OLAH RAGA Propinsi SUMATERA UTARA Thn 2010.
Jagoan I KATA PERORANGAN PUTRA Kepada Minggu OLAHRAGA Propinsi SUMATERA UTARA Th 2010 CABANG KARATE.
Terpandai III KATA PERORANGAN JUNIOR PUTRA Terhadap Kontes NASIONAL INDONESIA KARATE-DO Th 2010 GOR POPKI CIBUBUR JAKARTA.
Pemenang III KATA PERORANGAN PUTRA SMA Terhadap Kontes OLAHRAGA ANTAR PELAJAR KOTA MEDAN CABANG KARATE Th 2010 DI POLMED.
Jawara III KATA PERORANGAN JUNIOR PUTRA Terhadap INVITASI KARATE PIALA PENGPROV ISORI SUMUT ANTAR PELAJAR SMP & SMA SEDERAJAT SE-SUMUT Th 2010.
Jawara III KUMITE PERORANGAN JUNIOR -61 KG PUTRA Kepada INVITASI KARATE PIALA PENGPROV ISORI SUMUT ANTAR PELAJAR SMP & SMA SEDERAJAT SE-SUMUT Th 2010.
PIAGAM PENGHARGAAN DIBRIKAN Terhadap DWI YUDA SYAPUTRA ALUMNI KELAS IX-1 FULL DAY T.P 07/08 ATAS PARTISIPASINYA Yg MENGHARUMKAN NAMA SMP SWASTA DARUSSALAM DI Sektor KARATE.
Pemenang I KATA PERORANGAN JUNIOR PUTRA Kepada Kontes WILAYAH BARAT IV INKADO BOGOR-JAWA BARAT.
Pemenang I KATA PERORANGAN JUNIOR PUTRA Kepada KEJURDA JUNIOR FORKI SUMUT Th 2009.
Terpandai III KATA PERORANGAN PUTRA Terhadap OLIMPIADE OLAHRAGA Peserta Didik NASIONAL Th 2009 DI KOTA MEDAN.
Pemenang I KUMITE JUNIOR -61 KG PUTRA Terhadap KEJURDA FORKI SUMUT Th 2009.
Jagoan I KATA PERORANGAN PUTRA PEMULA Kepada KEJURDA INKADO SUMUT Th 2008.
Jawara III KUMITE KELAS -50 KG PUTRA Kepada KEJURDA INKADO SUMUT Th 2008.
Terpandai I KUMITE KADET -60 KG PUTRA Terhadap Kompetisi NASIONAL INDONESIA KARATE-DO TAHUNH 2008 DI MAKASSAR
Jagoan I KUMITE KADET -50 KG PUTRA Kepada Kontes TERBUKA KARATE INKADO KORDA SUMUT Th 2008 DI MEDAN.
Pemenang III Kepada Aktivitas Minggu OLAHRAGA & SENI CABANG KARATE KOTA MEDAN Th 2007.
Terpandai I KUMITE PERORANGAN +35 KG PUTRA Terhadap KEJURWIL INKADO SUMATERA-JAWA Thn 2007 DI LAMPUNG.

Mas Day Shoes Handmade by Dwi Yuda Syaputra
PENGALAMAN Business
1. Jualan asam jawa gula terhadap diwaktu SD di Taman SiswaTanjung Sari Medan.
2. Jasa menciptakan PR/Tugas kepada dikala SD di SDN 060789 Medan Lokasi Selatan.
3. Jasa install netbook & pc plus service ringan terhadap waktu SMA & hingga kini.
4. Jualan rujak kemasan bersama nama “rujakkita” terhadap waktu kuliah
5. Bisnis product sepatu handmade “masdayshoes” sepatunya anak medan Kini

Demikianlah tulisan menyangkut Mas Day Shoes Handmade by Dwi Yuda Syaputra, mudah-mudahan akan memberi inspirasi teman-teman pembaca Narasi Medan. Berhasil

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mas Day Shoes Handmade by Dwi Yuda Syaputra"

Post a Comment

Berikan Tanggapan Yaaa...
Anda boleh memilih jenis komentar diatas untuk berkomentar, namun Anda diharapkan login terlebih dahulu untuk dapat berkomentar dan mendapatkan balasan dari Admin ;)